Pages

Jumat, 25 Maret 2011

Metode Kebiasaan

Pendidikan Akhlaq dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, diantara metode kebiasaan. Metode kebiasaan adalah suatu metode pendidikan Akhlaq dengan cara proses penanaman kebiasaan. Definisi kebiasaan yaitu sesuatu pola untuk melakukan tanggapan terhadap situasi tertentu yang dipelajari oleh seorang individu dan yang dilakukannya secara berulang untuk hal yang sama.

Metode Kebiasaan tersebut dapat dilakukan dengan cara membiasakan anak didik pada tingkah laku, keterampilan, kecakapan dan pola pikir yang sesuai dengan ajaran Islam. Pembiasaan ini bertujuan untuk mempermudah melakukannya. Karena seseorang yang telah mempunyai kebiasaan tertentu akan dapat melakukannya dengan mudah dan senang hati.

Bahkan sesuatu yang telah dibiasakan dan akhirnya menjadi kebiasaan dalam usia muda itu sulit untuk dirubah dan tetap berlangsung sampai hari tua. Maka diperlukan terapi dan pengendalian diri yang sangat serius untuk dapat merubahnya. Berkata baik atau diam merupakan salah satu cara membiasakan indra kita agar dapat terkendali.

Blogged with the Flock Browser

Tidak ada komentar:

Posting Komentar