Pages

Jumat, 25 Maret 2011

Metode Kisah

Pendidikan Akhlaq dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, diantara metode kisah. Metode kisah adalah suatu metode pendidikan Akhlaq dengan cara memberikan bercerita tentang kisah-kisah Nabi didalam Al Qur'an.

Metode kisah merupakan salah satu upaya untuk mendidik murid agar mengambil pelajaran dari kejadian di masa lampau. Apabila kejadian tersebut merupakan kejadian yang baik, maka harus diikutinya, sebaliknya apabila kejadian tersebut kejadian yang bertentangan dengan agama Islam maka harus dihindari.

Metode ini sangat digemari khususnya oleh anak kecil, bahkan sering kali digunakan oleh seorang ibu ketika anak tersebut akan tidur. Apalagi metode ini disampaikan oleh orang yang pandai bercerita, akan menjadi daya tarik tersendiri. Namun perlu diingat bahwa kemampuan setiap murid dalam menerima pesan yang disampaikan sangat dipengaruhi oleh tingkat kesulitan bahasa yang digunakan. Oleh karena itu, hendaknya setiap pendidik bisa memilih bahasa yang mudah dipahami oleh setiap anak.

Kisah-kisah Qur’ani mampu membina perasaan ketuhanan melalui cara-cara berikut: 
  1. Mempengaruhi emosi , seperti takut, perasaan diawasi, rela dan lain-lain.
  2. Mengarahkan semua emosi tersebut sehingga menyatu pada satu kesimpulan yang menjadi akhir cerita.
  3. Mengikutsertakan unsur psikis yang membawa pembaca larut dalam setting emosional cerita sehingga pembaca, dengan emosinya, hidup bersama tokoh cerita.
  4. Kisah Qur’ani memiliki keistimewaan karena, melalui topik cerita, kisah dapat memuaskan pemikiran, seperti pemberian sugesti, keinginan, dan keantusiasan, perenungan dan pemikiran.
Blogged with the Flock Browser

Tidak ada komentar:

Posting Komentar